Informasi Mahasiswa: Ikhlas dan Relawan

Friday 17 May 2019

Ikhlas dan Relawan

IKHLAS DAN RELAWAN
Bismillahirrahmaanirrahiim
            Assalamualaikum Wr. Wb
gambar hanya ilustrasi dari ikhlas
Ibarat Ikhlas
           

Inilah Ikhlas

Hallo sobat pembaca. Semoga sehat selalu. Seperti biasa blog saya kali ini menyajikan sesuatu yang InsyaAllah bermanfaat bagi teman-teman. Melihat judul blog saya kali ini, sepertinya teman-teman tidak asing dengan 2 kata diatas. Yaps, relawan dan ikhlas. 2 kata yang jelas-jelas berbeda tapi disatukan dalam satu judul sama blogger.
            Ok teman-teman sobat pembaca blog. Judul kali ini walaupun jelas-jelas berbeda tetapi dalam impelentasinya kadang kala 2 kata di judul tersebut bisa sangat dekat sedekat mulut dan hidung, namun kadang-kadang bisa menjadi jauh bagai bumi dan langit, atau aku dan kau.
Apa sih itu ikhlas ?. Salah satu ulama, Al ‘Izz bin Abdis Salam berkata : “Ikhlas ialah, seorang mukallaf melaksanakan ketaatan semata-mata karena Allah. Dia tidak berharap pengagungan dan penghormatan manusia, dan tidak pula berharap manfaat dan menolak bahaya”.
Ikhlas menurut bahasa ialah bersih dari kotoran atau menjadikan sesuatu bersih agar tidak kotor. Jadi orang yang ikhlas adalah orang yang menjadikan agamanya murni hanya karena Allah semata, tidak menyekutukan-Nya  dan tidak riya dalam beramal.
Sedangkan menurut istilah, ikhlas ialah niat hanya untuk mengharapkan ridha Allah dalam beramal tanpa menyekutukan_Nya dengan yang lain serta memurnikan niatnya dari kotoran-kotoran yang dapat merusak.
Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : إِنَّ اللهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَ أَمْوَالِكُمْ وَ لَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ وَ أَعْمَالِكُمْ
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alihi wa sallam telah bersabda,”Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada rupa kalian, juga tidak kepada harta kalian, akan tetapi Dia melihat kepada hati dan amal kalian”.
Dalam Al-Quran juga banyak membahas tentang ikhlas baik secara langsung maupun tersirat. Salah satunya dalam Surat Az-Zumar. Surat Az-Zumar Ayat 11
Artinya: “Katakanlah: “Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada_Nya dalam (menjalankan) agama.”
Teman-teman sobat pembaca blog. Kenapa sih saya angkat judul atau tema diatas. Ikhlas mungkin terlihat mudah untuk dibaca tetapi dalam implementasinya di kehidupan faktanya seringkali kita mengabaikan hal itu. Kadangkala ketika kita memebantu atau memeberi, kita ingin mengharapkan imbalan. Dan ketika kita tidak mendapat imbalan kita kecewa, serasa di PHP. Padahal sang pemberi janji pasti adalah hanya Allah SWT, yang tak pernah ingkar. Berikut beberapa keutamaan Ikhlas yang coba saya paparkan :
1. Salah satu syarat utama diterima ibadah
“Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadah ku, hidup ku, dan mati ku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam”. (QS Al Bayyinah : 5).
            Ibadah yang selama ini kita lakukan hendaknya kita lakukan dengan sepenuh hati dan ikhlas krena sang pencipta. Bukan karena ingin dipuji, disanjung atau blab la. Tetapi murni karena Allah SWT.
2. Sifat dasar nabi dan rasul
“Allah tidak menerima amal kecuali apabila dilaksanakan dengan ikhlas untuk mencari ridha Allah semata”. (HR Abu Daud dan Nasa’i). Ikhlas juga sudah menjadi sifat dasar para Nabi dan Rasul yang patut kita teladani. Bagaimana kita membayangkan nabi Nuh dengan umur beliau selama ratusan tahun berdakwah kepada umatnya dengan tulus dan ikhlas semata-mata karena Allah SWT.
3. Mendapat pertolongan Allah
Dijelaskan dalam sabda Rasulullah bahwa orang yang ikhlas akan mendapat jaminan pertolongan dari Allah “Sesungguhnya Allah menolong ummat ini dengan orang orang yang lemah dengan doa, shalat, dan keikhlasan mereka”. (HSR Nasa’i 6/45).
            Lalu apa sih kaitan ikhlas dengan relawan ?. ketika kita melaksanakan kegiatan kerelawanan. Salah satu sifat yang perlu kita tanam adalah ikhlas. Kenapa ?. karena ketika kita dalam kerelawanan, kita membantu orang, menolong orang semata-mata bukan mengharap imbalan atau pamrih tetapi murni karena keinginan kita dalam membantu.
                Pengalaman saya jadi relawan waktu Gempa Lombok 2018, waktu itu tepat sekitar bulan September. Saya mengikuti open volunteer untuk menjadi relawan pasca gempa tersebut. Alhamdulillah saya bisa terlibat ikut menjadi relawan lewat salah satu LSM di tempat tersebut. Dan saya mendapat lokasi terjun ke lapangan di salah satu kecamatan di Lombok Utara yang berdekatan dengan pusat gempa.
                Disana, banyak kegiatan yang kami lakukan mulai dari distribusi logistic, dukungan psikososial hingga cek kesehatan gratis. Sebenarnya niatan awal saya waktu itu hanya sekedar coba-coba. Tetapi siapa sangka setelah disana banyak pengalaman-pengalaman hebat saya dapat. Selain itu saya juga bertemu orang-orang hebat waktu menjadi relawan. Mungkin ini balasan dari menanamkan sifat ikhlas dalam setiap kegiatan kita, bukan hanya ketika menjadi relawan atau apa. Tetapi dalam semua hal.
                Sekian dulu dari blog saya dan tetap pantau tulisan saya kedepannya. Terima kasih.
Sumber Gambar

No comments:

Post a Comment

 Daun Katuk : Banyak manfaat namun sedikit yang tahu Biasanya yang tinggal di daerah pedesaan, tidak asing dengan tanaman yang satu ini, kat...